Sunday 11 August 2013

Studi Variasi Komposisi Cetacea dI Perairan Taman Nasional Komodo, Flores, NTT


ABSTRAK
Cetacea merupakan salah satu ordo dari jenis mammalia laut. Perairan Indonesia merupakan rute migrasi Cetacea yang menandakan produktivitas perairan yang masih tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi komposisi jenis, variasi komposisi jumlah serta distribusi mammalia laut ordo Cetacea yang melintas atau menghuni perairan Taman Nasional Komodo. Menyediakan data kelanjutan keberadaan Cetacea sebagai perbandingan dengan penelitian sebelumnya yang telah dilakukan sejak tahun 1999.

Penelitian dilaksanakan pada tanggal 15-20 April 2003 di wilayah perairan Taman Nasional Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Pengamatan objek dengan Visual survey. Pengamatan di atas kapal dilakukan dengan model Dual Platform (dua dek), pengamat melakukan pengamatan di dek bawah dan atas kapal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pengamatan di wilayah perairan Taman Nasional Komodo ditemukan 7 spesies Cetacea yang teridentifikasi. Komposisi jenis Cetacea dengan persentasi: Stenella attenuata sebesar 56 %, Stenella longirostris sebesar 34 %, Tursiops truncatus sebesar 7 %, Physeter macrocephalus sebesar 2 %, Pseudorca crassidens sebesar 1 %, Grampus griseus dan Kogia simus sebesar 0 %. Komposisi jumlah Cetacea yang teramati dengan estimasi jumlah individu tiap spesies adalah sebagai berikut, Stenella attenuata sebanyak 652 ekor, Stenella longirostris sebanyak 398 ekor, Tursiops truncatus sebanyak 76 ekor, Physeter macrocephalus sebanyak 18 ekor, Pseudorca crassidens sebanyak 11 ekor, Kogia simus sebanyak 4 ekor dan Grampus griseus sebanyak 4 ekor.

Cetacea menjadikan perairan Taman Nasional Komodo sebagai jalur migrasi dan tempat tinggal untuk beberapa spesies tertentu. Hal tersebut diduga perairan Taman Nasional Komodo sebagai daerah feeding ground bagi Cetacea

FAJAR ANSHORI : Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro


0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Download Skripsi Gratis - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz