Friday 9 August 2013

Analisis Sandi Linear Terhadap Ciphertext dengan SPN


Analisis Sandi Linear diperkenalkan oleh Matsui pada Eurocrypt tahun 1993 sebagai attact teoritis pada Data Encryption Standard (DES) dan kemudian cukup berhasil secara aplikatif pada DES, DES adalah suatu algoritma enkripsi block cipher yang didefinisikan dan didukung oleh pemerintah Amerika Serikat, dan pada tahun 1977 dijadikan standar resmi, DES menggunakan kunci 56-bit untuk me-enkripsi blok data 64-bit.

Analisis sandi linear ini merupakan attack yang paling penting, yang digunakan pada kode blok kunci simetri modern yang berbasis komputer. Memahami attack jenis ini sangat penting karena kode Rijndael yang dijadikan standar enkripsi terbaru Amerika Serikat, Advanced Encryption Standard (AES) yang merupakan pelanjut DES yang menjadi standar de-facto enkripsi di dunia, menggunakan arsitektur Subtitution-Permutation Network (SPN) ini. Oleh karena itu analisis sandi linear, pengkajiannya didasarkan pada analisis kode jaringan Subtitusi-Permutasi dasar yang sederhana dan terstruktur.
Meskipun pada awalnya anailsis sandi ini digunakan untuk menyerang DES (karena menjadi standar internasional), anailsis sandi ini juga sangat bermanfaat untuk mengukur kekuatan Algoritma enkripsi lainnya, karena banyaknya calon Algoritma yang didaftarkan untuk menjadi Advanced Encryption Standard (AES), didesain untuk menahan serangan analisis sandi ini.

DIDIN SAEFUDIN : Program Magister Teknik Elektro Bidang Khusus Teknologi Informasi-Dikmenjur Institut Teknologi Bandung

0 comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Download Skripsi Gratis - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz